Sunday, February 23, 2014

Tips menulis ala Winda Aulia Saad :D

Gimana cara nulis novel?

Tak banyak yang tahu, menulis novel itu sebenarnya mudah. Mudah, jika kita menyempat waktu dan pikiran kita hanya untuknya. Fokus pada satu cerita dan tidak berpindah-pindah genre atau judul.

"Sebaiknya selesaikan dulu satu judul baru memulai judul yang baru lagi." Begitulah kalimat motivasi yang pernah kubaca dari salah satu artikel milik salah seorang penulis terkenal.

Aku juga pernah sih, nulis beberapa judul cerita yang berbeda-beda dalam waktu yang hampir bersamaan, dan hasilnya? Naskah itu tersendat gara-gara pikiran mentok akibat kebanyakan mikirin cerita yang berbeda-beda. -_- Apalagi, untuk yang genrenya juga berbeda. Misalnya novel pertama tentang dunia fantasi dan yang kedua tentang dunia nyata. Bener2 bikin puyeng dah!

Jika ada niat dan keseriusan, menulis novel itu sebenarnya sangatlah menyenangkan. Kita bisa mencurahkan semua kisah yang kita inginkan tanpa batasan. Kata-kata "seandainya" yang biasa kita bayangkan atau ucapkan di dunia nyata, "sangat bisa" dituang dalam sebuah scene di cerita novel yang kita tulis. Dengan begitu, secara tidak langsung kita membuat bayangan itu menjadi nyata meskipun bukan kita yang merasakannya, melainkan tokoh yang ada di novel itu. 

Tapi kita juga bisa membayangkan, sosok dalam cerita itu adalah diri kita sendiri. Lebih asyik lagi kalau kita bisa terhanyut dalam cerita yang kita buat itu. Waktu selesainya bahkan bisa lebih cepet dari perkiraan. Itu sih menurutku ya, cukup kalian yang memahaminya sendiri :)

Oke, sudah dulu ya kawan. Lain kali aku cerita-cerita lagi. Buat yang pengen jadi penulis, tetap semangat ya! Luangkan waktu sedikit untuk menulis. Jika memang tidak ada waktu luang, kan bisa nunggu hari libur :D

Bye! :)

1 comments:

hanako-kun on May 14, 2015 at 7:09 AM said...

Keren...

Post a Comment

 

Suara Hatiku Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates