Sunday, February 23, 2014

Story Of My : Pangeran Mimpi Zera (seri Fantasteen)

Hai Guys! Lama gak nulis di blog lagi, jd kangen hehe :D
Setelah sebelumnya aku posting sekilas cerita tentang novel pertamaku GALANEON and Friends, sekarang aku pngen kasih sedikit cerita tentang awal mulanya aku menulis kisah yg aku beri judul "Pangeran Mimpi Zera", novel keduaku yang diterbitkan oleh Penerbit DAR! Mizan dan masuk dalam seri Fantasteen.

Sebelum itu, lihat covernya dulu ya;


Buku ini mengisahkan tentang seorang anak perempuan bernama Zera, yang sering bermimpi bertemu dengan sosok lelaki misterius. Zera mempunyai seorang kakak bernama Raihan, dan seorang adik bernama Raka. Seiring berjalannya waktu, semua mimpi yang ia lihat itu ternyata berhubungan dengan seseorang di dunia nyatanya. Lelaki itu pun sangat dekat dengan kakaknya, Raihan. Sampai akhirnya, ia pun menyadari dan mampu memahami semua kejadian dalam mimpinya itu.

***

The Story

Awal aku menulis kisah ini, sebenarnya juga berhubungan dengan mimpi. Ya, secara tidak langsung aku menceritakan mimpi yang pernah kualami ke dalam kisah Zera ini. Mungkin memang tidak semuanya, dan hanya beberapa scene. Tapi yang jelas, mimpi yang awalnya hanya kuanggap sebagai bunga tidur itu membuatku terinspirasi untuk membuat kisah ini.

Setelah menulis kisah novel yang berjudul "GALANEON and Friends", aku melanjutkan lagi dengan kisah tentang Zera dan saudara serta kawan-kawannya ini. Mulanya sih hanya sekedar nulis cerpen biasa. Karena keasyikan berada di dunia imajinasi, jadinya kebawa deh sampai total 107 halaman Ms. Word. :D

Mengapa Zera? 

Nama itu aku ambil dari sebuah tokoh disalah satu cerpen yang terdapat disebuah majalah favoritku jaman kecil dulu, Sera. Tapi karena bagiku nama itu kurang cocok, jadilah aku ganti huruf depannya menjadi Z, dan akhirnya terciptalah nama tokoh utamanya, yakni Zera.

Kapan mengirim Naskah?

Kalau nggak salah ingat sih ya, aku mulai mengirim naskah ini sekitar akhir tahun 2011 atau awal 2012 lalu, beberapa hari setelah novelku yang pertama dikonfirmasi terbit. Pastinya aku seneeengg banget!! Kabar bahwa naskah pertamaku lolos seleksi, setelah beberapa bulan menunggu itu memang luar biasa deh gembiranya. Karena itu, setelah sebelumnya beberapa kali mengalami perubahan dan revisi ulang, naskah kedua itupun di print, lalu dikirim ke alamat penerbit yang sama.

Singkat cerita, berbulan-bulan pun berlalu tanpa ada kabar pasti dari penerbit. Termasuk tentang novel pertamaku yg belum terbit2 juga. Akupun sempat ngerasain yg namanya "males nulis", atau istilah kerennya sih "Writerblock". Walaupun sebenernya istilah itu nggak pernah ada di dunia menulis, karena mood atau keinginan menulis itu selalu berasal dari hati. Dengan begitu, isi tulisan akan lebih bermakna.. *ciehh xD

Hingga memasuki tahun 2013, ada kabar lagi mengenai naskah keduaku ini yang juga lolos seleksi. Dan beberapa bulan kemudian, ada kabar mengejutkan dari salah satu kakak redaksi yg biasa disapa kak Moemoe. Kabar tentang file pdf pracetak buku "Pangeran Mimpi Zera".

Pastinya seneng doong! Berita itu seakan membuatku lebih terpacu dan lebih semangat lagi untuk menulis. Alhamdulillah, aku terbebas dari yang namanya "bete nulis" :D Bersyukur, karena kesabaranku berbuah hasil yang membahagiakan. ^_^

September 2013, entah waktunya bersamaan atau tidak, "GALANEON and Friends" dan "Pangeran Mimpi Zera" mempunyai waktu terbit yang nyaris serupa. Aku juga nggak tahu pasti, karena tak lama setelah novel pertama terbit, menyusul kemudian novel kedua.

***

4 comments:

Unknown on May 18, 2015 at 8:10 AM said...

Selamat, err, Aulia? Atau aku harus panggil kamu Kakak? Ah, sebenarnya enggak penting. Lupakan.

Wow, aku baru lihat postingan beberapa bulan yang lalu, dan baru kasih komen sekarang (keterlaluan emang). By the way, aku ucapkan selamat (telat) for your new own book.

Aku tertarik sekali dengan fantasteen (PBC juga sih), dan selalu berharap suatu hari nanti aku bakal dapat email dari penerbit yang bilang "naskahmu lolos". Mungkin waktu itu aku bakal langsung jumpalitan dan kayang di depan kelas.

Perihal bukumu. Sepertinya seru. Sorry aku belum baca. Berbau mimpi, iya kan? Ide menarik. Dan eh, istilah block writer itu beneran ada lho ... Beberapa penulis sampai pensiun dari menulisnya karena kendala ini. :3.

Kamu hebat, nunggunya lama banget ya? Bahkan ketika dulu, waktu antrian fantasteen enggak terlalu banyak (sekitar tahun 2012). Kamu sabar sekali Nak, enggak kaya aku yang baru ngirim naskah 2 bulan udh kaya mau ikut wajib militer.

^^ itu aja sih. Abaikan aku yang tiba-tiba curcol di blogmu ini, hiks, aku cuma cewek kesepian yang kadang emang nyebelin.

I am out! Bye!

Unknown on June 9, 2015 at 9:04 AM said...

Haii.. btw, aku harus panggil kmu apa ya? Mauren? Atau mngkin umur kmu dibawah 20 thn? Jadi aku panggilnya adek aja ya :D

Kmu suka nulis juga? Klo suka ayo dong semangat, biar bisa dpt gaji 3 bln sekali (tergantung penerbit dan penjualan bukunya sih) xD Sbenernya aku juga lagi block writer sih, udh bbrpa bln ini gak nulis2 cerita lagi krna gak bisa konsen -_-

Oh ya, sdh tahu bukuku yg ketiga blum? yg covernya gambar sepatu itu loh. nama2 tokohnya aku ambil dari nama tman2 wktu SD dulu (emang penting ya? ._.) tapi ceritanya lumayanlah, ttg dua sahabat "rahasia" antara 2 geng yg saling bermusuhan. Kali2 kan bisa jd inspirasi or motivasi buat kmu menulis xD

Cewek kesepian? Mungkin kita senasib ._. tp bisa kan, rasa kesepian itu dinikmati sambil menulis? Bahkan mnurutku kesepian itu bisa membuat kita lebih konsentrasi untk memikirkan alur cerita yg pngen kita tulis ^^ Dulu karena sdh "terbiasa" sendiri, aku jd bisa konsen menulis novel, ya, karna gak ada yg gangguin. Hehe

ani on July 13, 2016 at 10:20 AM said...

Ya allah semoga buku Zhafira Fauziah lolos seleksi dan cepat terbit. Semoga ia menjadi penulis yang hebat. Dan, lancarkanlah semua proses naskah Zhafira. amiin.. Kabulkanlah doaku ya Allah. (Sama-sama, yuk, doain aku yang 2 naskahnya ditolak waktu itu. Hehehe.. Tapi semoga naskah kali ini lolos seleksi. Btw, naskahnya KKPK) kalau ni naskah ga lolos seleksi (naudzubillah) saya berhenti nulis. Capek nih berharap terus. Hehehe.. Taoi, semoga saja usaha saya tidak sia-sia. Minta doanya teman2 =)

ani on July 13, 2016 at 10:21 AM said...

Ya allah semoga buku Zhafira Fauziah lolos seleksi dan cepat terbit. Semoga ia menjadi penulis yang hebat. Dan, lancarkanlah semua proses naskah Zhafira. amiin.. Kabulkanlah doaku ya Allah. (Sama-sama, yuk, doain aku yang 2 naskahnya ditolak waktu itu. Hehehe.. Tapi semoga naskah kali ini lolos seleksi. Btw, naskahnya KKPK) kalau ni naskah ga lolos seleksi (naudzubillah) saya berhenti nulis. Capek nih berharap terus. Hehehe.. Taoi, semoga saja usaha saya tidak sia-sia. Minta doanya teman2 =)

Post a Comment

 

Suara Hatiku Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates